Destinasi Wisata di Solo yang Asyik Untuk Dikunjungi

Shawanofestival.comWisata di Solo – Bengawan solo merupakan salah satu sungai terpanjang di Asia Tenggara yang terletak di Indonesia. Anda tentu tahu bahwa bengawan ini bermula di kota solo Jawa Tengah. Anda juga pasti tahu bahwa kota solo juga identik dengan budaya jawanya dan beberapa kerajinan seperti batik.

Tapi bukan hanya menyimpan kekayaan berupa kebudayaan dan kerajinan saja, kota ini juga kaya akan destinasi wisata yang bisa anda kunjungi selama berada di Solo. Seperti keratin Surakarta yang dekat dengan solo, Air terjun dan masih banyak lainnya.

Wisata di Solo

Wisata di Solo

Selama berlibur anda tentu tidak hanya akan berkutat di dalam kota solo saja bukan, namun anda bisa bepergian ke sekitar solo yang mudah dijangkau. And juga bisa pergi ke kota – kota disekitar solo sehingga anda juga akan bisa berlibur dengan lebih menyenangkan.

Berikut ini kita akan membahas rekomendasi wisata solo dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi. Anda mungkin sudah bosan dengan wisata yang sudah terkenal, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat yang keren dan asyik. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Wisata Pantai di Jawa Timur

Air Terjun Jumong, Karanganyar

Air Terjun Jumong, Karanganyar

Destinasi wisata yang bisa anda kunjungi selama berada di Solo adalah Air Terjung Jumong. Air terjun ini terletak cukup dekat dengan kota solo yaitu tepatnya di Berjo, Ngargoyoso, kabupaten karanganyar, jawa tengah.

Air terjun yang teletak di lereng gunung Lawu ini kerap disebut sebagai surge yang hilang. Keindahannya memang tak perlu diragukan lagi. Anda bisa menikmati kesejukan dan percikan air terjun dengan ditemani pemandangan hijau sejauh anda memandang pasti anda akan sangat puas berkunjung ke tempat ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang jernih. Anda juga bisa langsung merasakan kesegaran airnya dengan berendam di bawah air terjun. Untuk bisa menuju tempat ini anda harus sedikit berjalan kaki dengan menuruni tangga. Namun rasa lelah anda akan anda terbayar dengan keindahannya.

Untuk masuk ke lokasi ini, anda perlu membayar sebesar Rp.5000 per orang dan juga membayar biaya parkir. Anda bisa mendapatkan berbagai spot foto alami yang tentunya cantik di sekitar air terjun jumong.

Baca juga : Wisata di Surabaya

The Herritage Palace Solo

The Herritage Palace Solo

Berikutnya anda juga bisa megunjungi tempat megah yang dibuka sekitar tahun 2018. Kastil bergaya eropa ini terletak di jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Tempat ini dulunya merupakan bekas pabrik gula peninggalan belanda. Karena sudah tidak lagi digunakan, maka bangunan ini saat ini telah disulap menjadi salah satu tempat wisata bernuansa eropa yang tentu akan memberikan banyak spot foto.

Tak hanya dilengkapi dengan spot foto yang cukup banyak, anda juga bisa menikmati Museum 3D Trick Art. Anda akan menemui berbagai lukisan yang dibuat dengan teknik 3D yang menjadikan lukisan tersebut seperti nyata.

 Harganya sedikit mahal dibanding dengan objek wisata lainnya yaitu anda harus membayar Rp. 20.000 per orang untuk tiket outdoor, Rp.55.000 per orang untuk tiket terusan padahari biasa dan  Rp.65.000 per orang untuk tiket terusan  pada hari libur dan akhir pekan.

Baca juga : Wisata di Semarang

Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng, Boyolali

Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng, Boyolali

Selanjutnya, jika anda ingin menikmati keindahan alam merbabu dan Gunung Sindoro maka anda bisa mendatangi destinsai wisata yang satu ini, yaitu gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng. Ditempat ini terdapat dua gardu pandang yang dihubungkan dengan jembatan tali.

Selain dapat menikmati keindahan alam yang ada disekitar tempat tersebut, anda juga bisa menemukan beberapa spot foto menarik di tempat ini. Anda juga bisa menikmati keeksotisan pegunungan dilengkapi dengan adanya kabut tipis yang tentu memberikan kesan tersendiri.

Untuk masuk ke lokasi ini, anda cukup membayar uang parkir saja. Tempat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet mushola dan juga lahan parkir. Dengan begitu kunjungan anda ke tempat ini juga akan lebih aman dan nyaman.

Baca juga : Wisata di Pacitan

 Bukit Gancik

Bukit Gancik

Selanjutnya, tempat lain yang juga perlu anda datangi dan sayang jika dilewatkan ketika berkunjung di solo adalah Bukit Gancik. Bukit ini berlokasi di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Dusun I, Selo, Kabupaten Boyolali.

Anda bisa mencapai lokasi ini menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda juga bisa menggunakan jasa travel beserta pemandunya sehingga anda bisa mengunjungi tempat ini lebih nyaman. Dari bukit ini anda akan disuguhi banyak pemandangan menarik.

Bukit yan terletak di kaki gunung merbabu ini memang cukup asri dan cantik dengan pepohona hijau disekitarnya. Anda akan bisa melihat pemandangan gunung merapi yang gagah dan gahar. Anda bisa melihat betapa indahnya gunung yang ketika aktif menakutkan tersebut.

Dari atas bukit ini, anda juga bisa menikmati keindahan perkebunan yang ada disekitarnya. Anda bisa mendapatkan berbagai spot foto indah dengan latar belakang pemandangan perkebunan serta gunung merapi. Apalagi jika saat itu sedang ada kabut tipis, tentu pemandangannya akan lebih indah untuk dipandang.

Untuk masuk ke lokasi ini, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.5000 perorang dan biaya parkir kendaraan untuk anda yang membawa kendaraan. Namun jika anda merasa jalan menuju lokasi ini terlalu ekstrem, anda bisa pergi menggunakan ojek. Untuk tariff ojek, anda akan dikenai biaya sekitar 10.000 hingga 15.000 per orang.

Baca juga : Wisata di Jepara

Pantai Karangpayung

Pantai Karangpayung

Meski tidak tepat berada di kota solo, namun tempat ini juga patut dikunjungi. Pantai karangpayung adalah pantai yang terletak di Wonogiri, tepatnya di Palem, Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai yang masih perawan karena belum banyak orang yang mengetahui keindahan pantai ini.  Pantai berpasir putih ini memang masih sangat asli dan bersih karena belum banyak dikunjungi.

Area pantai pasir putihnya cukup luas dengan dikelilingi tebing karang yang menambah keeksotisan pantai ini. anda juga akan menemukan bagian pantai yang berkarang. Airnya yang jerninh dengan ombaknya yang berkejaran akan semakin menambah indah pulau yang masih benar – benar asli ini.

Karena masih belum banyak orang yang tahu, pembangunan infrastrukturnya pun belum begitu memadai. Jalanan yang harus ditempuh untuk sampai di tempat ini cukup sulit dan menantang. Jadi untuk anda yang menyukai tantangan, pergi ke pantai ini bukanlah sesuatu yang sulit.

Terlebih lagi, karena ini masih merupakan pantai baru, anda tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke pantai Karangpayung. Hingga saat ini memang masih gratis, namun tidak menutup kemungkinan jika nanti infrastruktur telah diperbarui maka anda harus membayar untuk menikmati keindahan alam pantai ini.

Demikian adalah beberapa wisata yang ada disekitar Solo. Tak hanya wisata – wisata tersebut, masih banyak destinasi lain yang bisa anda datangi diantaranya adalah Tumurun Private Museum, River Moon Pusur, Klaten dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply