Tempat Wisata di Jogjakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi

Shawanofestival.comWisata di Jogjakarta – Kita patut berbangga sebagai bangsa Indonesia karena negara kita dianugerahi berbagai sumber daya alam serta kelebihan. Salah satu anugerah yang ada di Indonesia adalah dengan indahnya pemandangan alam, hal itu menjadi salah satu daya tarik serta keuntungan bagi kita sebagai warga Indonesia.

Indonesia dikenal dengan keadaan alam yang beragam yang menjadikannya sebagai wilayah yang unik dan memiliki banyak destinasi wisata. Bukan hanya bagi warga asli Indonesia, namun wisatawan asing pun banyak yang berdatangan untuk menikmati keindahan alam di Indonesia.

Wisata di Jogjakarta

Wisata di Jogjakarta

Salah satu provinsi yang menyimpan banyak keindahan dan sejarah adalah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Provinsi ini adalah destinasi wisata paling populer selain pulau bali di antara wisatwan asing. Di sini, anda akan bisa menemukan berbagai wisata menarik.

Wisata di Jogja sendiri tergolong bermacam kategori, mulai dari wisata religi, sejarah hingga wisata alam seperti pantai dan gunung.  Anda mungkin sudah sering mendengar Candi Borobudur, Pantai Parang Tritis dan Maliobor. Namun saat ini ada lebih banyak wisata yang bisa anda kunjungi ketika anda berkunjung di Jogjakarta.

Bagi anda yang akan menghabiskan masa liburan anda di kota ini, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata jogja yang saat ini sedang hits dan sering dijadikan feed instagram. Yuk simak ulasannya!

Baca juga : Wisata di Jakarta

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Jika ada sudah sering mengunjungi Candi Borobudur, Prambanan atau Monumen Jogja kembali, tak ada salahnya jika anda mencoba wisata baru yang berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul , Yogyakarta.

Tempat ini merupakan spot yang tepat untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit. Anda bis menikmati keindahan alam sekaligus mendapatkan berbagai foto indah dan unik. Pasalnya, di tempat ini telah dibangung dan dibuat berbagai spot foto menarik yang tentunya akan sangat sayang jika dilewatkan.

Bagi anda yang memang senang berburu foto, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan sunrise yang menakjubkan. Saat matahari terbit, kalian akan merasa sedang berada diatas awan dengan adanya kabut yang masih menutupi pemandangan bawah bukit.

Spot – spot yang instagramable yang memang dibuat untuk spot foto bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan foto – foto cantik. Sayangnya untuk sampai ketempat ini anda harus sedikit berhati – hati karena jalanya yang cukup esktrim. Jika memang ingin menikmati sunrise sebaiknya anda mencari penginapan yang dekat dengan lokasi ini.

Untuk tiket masuk lokasi ini tidak dikenakan biaya yang jelas. Artinya anda bisa masuk dengan menyumbangkan secara sukarela. Anda hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil anda.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran

Selanjutnya, lokasi wisata yang cukup mampu menguras adrenalin anda yaitu ayunan langit watu jaran. Dari namanya saja sudah terdengar ekstrim ya! Destinasi wisata yang berlokasi di Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta memang cukup ekstrim.

Di tempat ini memang dibangun ayunan yang tingginya mencapai 800 meter. Meskipun tinggi namun anda tidak perlu khawatir karena ayunan ini diajamin aman. Ayunan ini dikembangan dengan kerjasama bersama SAR dan ayunan ini disebut mampu menopang berat hingga 500 kg dan anti korosi. Ayunan ini memang terbuat dari baja sehingga anti korosi.

Untuk mencapai lokasi ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil maupun motor. Karena kondisi jalanan menuju lokasi cukup ekstrim, pengelola menyediakan ojek gratis yang akan mengantar anda menuju lokasi.

Untuk harga tiket masuknya adalah Rp. 10.000 dan untuk menikmati ayunannya, anda bisa menambah Rp. 20.000. obyek wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. jika anda memang pemberani tentu anda wajib mencoba merasakan ayunan yang menantang adrenalin ini.

Baca juga : Wisata di Bogor

Hutan Pinus Pengger Dlingo

Hutan Pinus Pengger Dlingo

Destinasi wisata alam memang saat ini lebi populer. Selain karena suasananya yang asri, pengelola juga telah banyak menambahkan fasilitas pendukung yang tentu membuatnya semakin menarik. Seperti lokasi wisata satu ini yaitu Hutan Pinus Pengger yang terletak di Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukan hanya keindahan hutan pinus yang akan anda dapatkan tetapi juga terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti spot foto dan juga area camping. Untuk masuk ke lokasi ini anda cukup membayar Rp. 3000 per orang dan untuk camping anda akan dikenakan biaya Rp.15000 per orang.

Anda bisa menikmati keindahan kota jogja dari atas hutan pinus. Terlebih lagi jika anda berkunjung di malam hari, maka anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa. Anda juga bis berfoto di spot –spot menarik yang memang disediakan untuk pengunjung.

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Spot selanjutnya yang wajib dikunjungi jika anda datang ke Jogjakarta adalah Seribu Batu Songgo langit. Tempat ini berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan hutan pinus mangunan dan kebun buah mangunan jadi anda bisa sekaligus mengunjungi dua tempat tersebut.

Tempat ini memang memiliki keunikan dengan banyaknya batu yang berukuran besar dan bukit yang menjulang tinggi yang terlihat seperti tiang langit. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati berbaga spot seru yang memang telah disediakan oleh pengelola.

Jika anda adalah pengemar film hobbit, anda tentu tahu tentang rumah hobit. Di lokasi wisata ini, anda akan menemukan rumah – rumah hobbit yang memang dibuat mirip dengan yang da di film dan di new zealan. Tentu rumah – rumah hobit ini akan menjadi salah satu spot unik untuk foto anda.

Untuk masuk ke lokasi ini anda juga cukup membayar Rp. 2500 per orang dan untuk pasrkir Rp. 2000 per sepeda motor, Rp. 5000 untuk mobil dan Rp. 20.000 untuk bus. Sedangkan untuk spot foto, anda bisa menyumbangkan donasi seikhlasnya pada kotak yang telah disediakan oleh pengelola.

Jembatan Gantung Pantai Timang

Jembatan Gantung Pantai Timang

Spot wisata lain yang juga akan akan menguras adrenalin anda adalah Jembatan gantung Pantai Timang. Pantai timang adalah pantai yang terletak di gunung kidul tepatnya adalah di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Jembatan gantung ini bisa anda gunakan untuk menyeberang ke sebuah pulau kecil yang ada ditengah laut. Sebenarnya anda juga bisa menaiki kereta gantung namun tarifnya lebih mahal. Untuk menggunakan jembatan ini anda dikenai biaya sebesar RP.100.000 per orang.

Demikian adalah beberapa spot wisata menarik yang bisa anda kunjungi selama berkunjung di Jogja. Tak hanya tempat – tempat itu, sebenarnya masih banyak yang bisa anda kunjungi seperti Ouncak Watu goyang, Gardu Pandang Pinus asri, Kraton Yogyakarta, Tugu Yogya, Benteng Vrederburg dan masih banyak lokasi lainnya. Namun satu spot paling wajib tentu saja adalah jalan malioboro.

Leave a Reply